PT Telkom mengadopsi Knowledge Management

[Unpad.ac.id, 20/10] PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) merupakan salah satu pionir perusahaan di Indonesia yang mengadopsi knowledge management. Proses pengadopsian dan penerapan knowledge management merupakan sesuatu yang masih tergolong baru dalam bidang bisnis di Indonesia. Melalui knowledge management, Telkom berupaya meningkatkan efektivitas dan produktivitas organisasi, serta keunggulan kompetitif organisasi.

Demikian disampaikan Rd. Funny Mustikasari Elita saat mempertahankan disertasinya di hadapan tim promotor dan oponen ahli dalam Sidang Ujian Doktor, Selasa (20/10) di Gd. Pascasarjana Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung. Menurut kandidat doktor yang juga staf pengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad ini, di Indonesia sendiri konsep dan aplikasi knowledge management ini sudah semakin berkembang dengan baik.

“Bahkan ada sebuah organisasi konsultan, yakni Dunamis (pemegang lisensi Stephen Covey di Indonesia) yang memberikan penghargaan setiap tahunnya kepada perusahaan di Indonesia yang dianggap terbaik dalam penerapan knowledge management,” tuturnya.

Menurut Funny, kemampuan organisasi mengelola pengetahuan tergantung pada kemampuannya mengorganisir, menemukan serta menggunakan data dan informasi. Sejak tahun 2003, Telkom mencanangkan untuk menerapkan knowledge management. Konsep tersebut diterapkan dalam rangka peningkatan kinerja dan daya tahan organisasi yang bersangkutan, melalui upaya pengelolaan aset pengetahuan dalam organisasi.

“Sepanjang pengetahuan saya, knowledge management ditujukan untuk membuat anggota organisasi belajar lewat pengetahuan yang ada di dalam organisasi serta dari para pelaku organisasi. Karena pada dasarnya belajar dan bekerja adalah proses yang sama dalam organisasi,” ungkap Dosen Berprestasi 1 Fikom Unpad 2003 ini.

Knowledge management di Telkom dilakukan dengan berbagai cara, baik secara konvensional maupun difasilitasi dengan teknologi informasi komunikasi. Setelah berjalan 5 tahun sudah mulai tampak hasilnya, yaitu menerima penghargaan dari Indonesian MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Award sebagai organisasi yang berhasil mengelola pengetahuan.

Telkom menjadikan knowledge management sebagai salah satu strategi untuk menciptakan nilai, meningkatkan efektivitas dan produktivitas organisasi, serta keunggulan kompetitif organisasi. “Diharapkan dari strategi tersebut dapat menjaga keberlangsungan organisasi dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Kinerja dan prestasi tinggi yang ditampilkan Telkom adalah untuk mendapatkan positioning yang kuat di benak stakeholder,” paparnya.

Di akhir paparannya, wanita kelahiran Subang ini menyimpulkan bahwa pengelolaan pengetahuan ditujukan untuk menciptakan nilai bisnis yang menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. “Selain itu, peristiwa komunikasi yang berlangsung dalam implementasi knowledge management dilakukan dalam berbagai bentuk baik komunikasi langsung (tatap muka) maupun virtual melalui portal,” ujar wanita yang akhirnya memperoleh yudisium “Sangat Memuaskan” atas disertasinya  ini.

Lebih lanjut ia menambahkan, “pengelolan pengetahuan memiliki karakteristik yang spesifik. Selain memiliki kemampuan teknis juga memiliki kemampuan umum karena tugas dan tanggung jawab yang menyatu dengan tugas kerja rutin,” pungkasnya. (eh)*

Sumber Laporan oleh: Anton Sumantri

About rickiherlambang

Ricki Siswanto Herlambang someone who came from Jakarta on the 27th of july 1984, was born in Jakarta, Indonesia. Have been educated at the University of Bina Nusantara, and obtained his SKom in the year 2007 and is currently running the education Master of Management Information Systems at the University of Bina Nusantara
This entry was posted in Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s