Knowledge Management

Dalam mengelola knowledge di dalam perusahaan, maka perusahaan tersebut memiliki suatu sistem, sitem tersebut inilah yang dinamakan knowledge management. Knowledge management adalah suatu sistem yang dibuat untuk menciptakan, mendokumentasikan, menggolongkan, dan menyebarkan knowledge dalam perusahaan. Knowledge management merupakan suatu alat dalam mengelola pengetahuan dari sebuah organisasi atau perusahaan, di dalam knowledge management manusia sebagai komponen dari sebuah organisasi atau perusahaan tersebut mempunyai beberapa peran, yaitu sebagai suatu asset yang harus dikelola dengan baik sehingga mengurangi ktergantungan perusahaan terhadap karyawan. Manusia merupakan kombinasi antara pengetahuan, keahlian, inovasi, dan kemampuan karyawan secara individu untuk menjalankan tugasnya. Juga termasuk nilai dari perusahaan, budaya dari perusahaan Filosofi dari perusahaan yang intinya adalah karena factor manusia yang ada dalam perusahaan tersebut. Modal ini akan senantiasa melekat pada diri manusia dan tidak dapat secara mutlak dimiliki oleh perusahaan (Edvinsson, Leif, S.Malone, Michael, 11). Definisi pengetahuan menurut Carl Davidson dan Philip Voss (2003) mengatakan bahwa mengelola pengetahuan atau knowledge sebenarnya merupakan bagaimana organisasi atau perusahaan tersebut mengelola staf mereka dari pada berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk teknologi informasi. Knowledge management merupakan suatu sistem dimana didalam sistem ini terdapat aspek dimana suatu perusahaan mengelola setiap karyawannya untuk mengembangak pemikiran – pemikiran mereka di dalam menggunakan sistem IT, karena IT meruapak salah satu unsur yang penting di dalam perusahaan. Setiap karyawan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang berbeda-beda dalam pengunaan teknologi informasi. Dengan beraneka ragammnya orang di dalam menggunakan IT maka akan ada sangat banyak pengetahuan di dalam perusahaan tersebut di dalam penggunaan IT dan membuat perusahaa tersebut menciptakan suatu inovasi – inovasi dan pemikiran baru sehingga membuat perusahaan tersebut menjadi unggul di bidangnya dibandingkan dengan perusahaan sejnis lainnya. Thomas Davenport dan Laurence mengatakan di dalam bukunya bahwa Knowledge bukan hanya suatu pengetahuan, knowledge merupakan campuran dari pengalaman, nilai, informasi kontektual, pandangan pakar dan intuisi mendasar yang memberikan suatu lingkungan dan kerangka untuk mengevaluasi an menyatukan pengalaman baru dengan informasi. Pengetahuan bukan hanya didapat dari buku saja melainkan dari setiap kejadian yang diaami oleh seseorang. Kejadian dan pengalaman seseorang dalam setiap kejadian yang dialaminya merupaka suatu pembelajaran.

About rickiherlambang

Ricki Siswanto Herlambang someone who came from Jakarta on the 27th of july 1984, was born in Jakarta, Indonesia. Have been educated at the University of Bina Nusantara, and obtained his SKom in the year 2007 and is currently running the education Master of Management Information Systems at the University of Bina Nusantara
This entry was posted in Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s